Header Ads

Obyek Wisata Goa Seplawan di Purworejo

Replika Arca lebih tinggi dari arca aslinya
Siapa yang tidak tahu Goa Seplawan? Goa ini berada di gugusan bukit menoreh perbatasan antara kab Purworejo dan Kulon Progo tepatnya berada di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, sekitar 20 kilometer ke timur dari pusat kota Purworejo dan berada di sekitar 700 meter dari Permukaan laut.

Goa Seplawan sendiri ialah peninggalan sejarah peradaban masa lampau, buktinya yaitu ditemuinya sebuah arca emas 22 karat dengan tinggi 9 cm dan berat 2,5 kg disebuah sudut goa pada 15 Agustus 1979. Arca Kencana itu berupa patung sepasang pria dan wanita yang sedang bergandengan tangan.

Diyakini oleh para pakar arkeolog bahwa patung itu merupakan dewa Siwa dan dewa Parwati. Arca itu peninggalan dari masa Hindu siwa. Saat ini arca tersebut disimpan di Museum Nasional dan sebagai gantinya Pemerintah membangun replika arca didepan mulut goa, ukurannya lebih besar dari yang sebenarnya .

Dinyatakan sebagian ahli sejarah bahwa pada jaman dahulu disekitar goa Seplawan dihuni oleh ratu dan raja, hal tersebut diperkuat dengan ditemukan Lingga Yoni yang melambangkan Kesuburan dan Kemakmuran.

Disamping mempunyai kekhasan sebagai situs pra sejarah, Keindahan Pesona Alam disekitar Goa Seplawan memang menghampar indah dan menyejukan, ada juga keistimewaan lainnya yaitu keindahan goa Seplawan itu sendiri. Goa itu memiliki ornamen-ornamen yang sangat indah dan mengagumkan seperti adanya stalaktit dan stalakmit dengan ukuran beraneka ragam.
Ornamen lainnya pun tak kalah menariknya seperti Flow stone, helektit, soda straw, gowerdam dan lain-lain.

Tangga masuk ke goa
Selain memiliki keistimewaan sebagai situs pra sejarah, Pesona Alam disekitar Goa Seplawan memang menghampar indah dan menyejukan, ada juga keistimewaan lainnya yaitu keindahan goa Seplawan itu sendiri. Goa itu memiliki ornamen-ornamen yang sangat indah dan mengagumkan seperti adanya stalaktit dan stalakmit dengan ukuran beraneka ragam.
Ornamen lainnya pun tak kalah menariknya seperti Flow stone, helektit, soda straw, gowerdam dan lain-lain.

Panorama Pemandangan di taman Goa Seplawan
Salah satu hal yang lebih menarik lagi bahwa di dalam goa terdapat sumber air yang menyegarkan dam di atas telaganya terdapat tulisan kuno yang berbunyi Saplo wan yang memiliki arti saplu : suci . wan : manusia yang bisa diartikan manusia suci atau tempat mensucikan manusia.

Jalan ke arah goa Seplawan sebelum pintu goa
ada cerita mistik yang berkembang barang siapa yang membasuh muka dengan air di dalam goa seplawan dan memiliki niat yang baik dengan berdoa penuh keiklasan pada Allah SWT Insya allah akan segera terjawab ke inginannya.
gardu seplawanGoa Seplawan mempunyai panjang kurang lebih sekitar 500 Meter sedangkan cabang-cabang goa sekitar 150-300 meter.


Didalam goa Seplawan

Sedangkan jalur yang khusus untuk para pengunjung sudah ada penerangan lampu sedangkan untuk cabang-cabang goa tidak dipasang lampu karena kondisinya yang berlumpur.

Lokasi obyek wisata Goa Seplawan sangat mudah di capai karena Akses jalan untuk kendaraan roda empat bisa mencapai lokasi dengan mudah dan sudah dilengkapi dengan fasilitas sarana dan prasana seperti tempat parkir kendaran, kamar mandi/WC, Mushola kecil yang sederhana, Gashebo, Gardu Pandang, Aula untuk Pementasan / Pertemuan dan juga ada taman-taman bunga yang indah.

Foto Rombongan wisatawan
taman seplawanLokasi Goa seplawan juga sangat memungkinkan untuk pelatihan Pecinta Alam dibuktikan dengan seringnya pelatihan dari beberapa Pecinta alam yang berasal dari berbagai daerah.
Pesona Alam di sekitar Goa Seplawan juga memiliki camping ground atau lokasi berkemah yang cukup luas serta memungkinkan untuk berwisata berkemah.

Pemandangan di sekitar goa seplawan sangat indah selain itu udaranya juga sejuk karena kawasan ini berada di ketinggian sekitar 700 mdpl.
Melalui gardu pandang pengunjung bisa melihat pantai selatan, kota Kulon Progo, serta Waduk Sermo, bahkan jika naik ke salah satu bukit di kawasan goa itu pengunjung bisa melihat Gunung Merapi, Gunung aula seplawanMerbabu, Gunung Sumbing dan Sindoro dan juga Gunung Slamet.
Namun gunung-gunung itu hanya bisa dilihat pada pagi hari, maka banyak para pengunjung yang camping di Seplawan sehingga pada pagi harinya bisa melihat keindahan alam dari kawasan Seplawan itu.

Potret didalam Goa Seplawan
Saat ini segmen pengunjung masih didominasi dari kalangan muda dan wisatawan domestik namun tak jarang juga mendapat kunjungan beberapa wisatawan manca negara,  walaupun saat ini lokasi Goa Seplawan memang belum memiliki penginapan,  jadi untuk sementara masih jarang yang menginap di sekitar Goa Seplawan kecuali yang berkemah disana.

Tidak sedikit orang yang datang ke Goa Seplawan untuk melakukan ritual Spiritual dengan melakukan meditasi di sana, seperti yang dituturkan bapak Ngudiyo ( mantan Lurah Donorejo ) bahwa sering sekali menerima tamu wisata yang memiliki hajat untuk melakukan Meditasi di lokasi Goa Seplawan.
Mungkin anda jenuh dan penat dengan kesibukan serta hiruk pikuk perkotaan lepaskan lah kepenatan anda dengan menghirup udara segar dan melihati pesona Indahnya pemandangan Goa Seplawan.

Patung Replika Arca,
Sering digunakan sebagai background foto oleh wisatawan
Jangan lupa saksikan pula keunikan beberapa tempat wisata yang juga terletak di sekitarnya seperti sumur tegasih (tegal asih) sendang denansri, watumejo, serta kemolekan puncak gunung kelir yang menghampar, dilengkapi dengan masyarakat desa ternak kambing etawa di Donorejo yang ramah dan santun.
Terselip pula agro wisata seperti perkebunan salak, kakau, dan jangan ketinggalan makanan khas seperti gembel sengek serta dawet goreng yang unik.

Jika berkenan datang ikuti route ini :
Dari Purworejo – ke arah Kec Kaligesing melalui Cangkrep – Brenggong – Plipir – Kaliharjo- Kaligono – Donorejo atau menggunakan Primkopol jalur 44 dari terminal Pasar Baledono Purworejo
Dari Jogja / Magelang / Godean / Wates : bisa melalui Kenteng Nanggulan arah Jonggrangan jatimulyo – Tlogoguwo – Donorejo.
Untuk panduan jikala anda melihat ada lima Tower Seluler yang berjajar di atas Gunungkelir berarti itu dekat dengan lokasi Goa Seplawan.

sumber : gunungkelir.com

No comments