Header Ads

Mulai Besok, Jalan di Depan Stasiun Tanah Abang Ditutup, PKL Bebas Berjualan


JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menata kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, mulai besok, Jumat (22/12/2017). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan, ruas jalan di depan Stasiun Tanah Abang akan ditutup pukul 08.00-18.00 WIB.
Salah satu ruas jalan itu akan ditutup sehingga pedagang kaki lima (PKL) bebas berjualan. Jalan yang ditutup untuk PKL berjualan yakni yang mengarah ke Pasar Tanah Abang.
"Besok pagi mulai dilaksanakan, hari Jumat. Kami fasilitasi PKL dengan melakukan rekayasa lalu lintas. Jadi, jalur di depan stasiun pada pukul 08.00-18.00, satu jalur dipakai PKL untuk berusaha, jumlahnya 400 (PKL)," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (21/12/2017).
Sementara itu, Anies menyebut jalur di depan stasiun yang mengarah ke Jatibaru juga ditutup untuk kendaraan umum dan akan digunakan khusus untuk lalu lintas 10 bus transjakarta.
Dengan penataan ini, Anies menyebut trotoar di sekitar kawasan Tanah Abang akan steril sehingga pejalan kaki bisa leluasa berjalan kaki.
"Trotoar kanan-kiri 100 persen bersih untuk pejalan kaki, tidak ada lagi PKL yang mengganggu," kata Anies.
Penataan lainnya yakni Pemprov DKI Jakarta menyiapkan lahan pengendapan untuk ojek online dan online pangkalan yang jaraknya sekitar 100-150 meter dari stasiun.
Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta Irwandi menyampaikan, pihaknya sudah menyiapkan tenda-tenda untuk 400 PKL.
"Tenda akan diberikan gratis. Tenda itu akan diberikan kepada masing-masing pedagang," ujar Irwandi dalam kesempatan yang sama.a
Penulis: Nursita Sari
Editor: Dian Maharani
Artikel Asli