Header Ads

Ini adalah fentanyl: Panduan visual

Ini adalah fentanyl: Panduan visual
Dari semua obat penghilang rasa sakit yang digunakan dan disalahgunakan, satu - fentanil - telah dipanggil oleh petugas kesehatan masyarakat dan bahkan anggota Kongres merupakan "gelombang ketiga" dari epidemi opioid.

Ini adalah opioid sintetis, mirip heroin, tapi dokter dapat meresepkannya secara legal. Hal ini paling sering diresepkan untuk pasien yang mengalami nyeri kronis parah, namun dalam beberapa tahun terakhir, peningkatan jumlah turunan fentanil telah diproduksi secara ilegal dan dijual di jalanan.


Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS memperkirakan bahwa dari lebih dari 64.000 kematian overdosis AS tahun lalu dari obat apa pun, lebih dari 20.000 dikaitkan dengan opioid sintetis, banyak di antaranya berkaitan dengan fentanil dan variasinya.


Obat lebih kuat dari heroin

Farmasi fentanil adalah obat opiat yang 50 sampai 100 kali lebih manjur daripada morfin. Biasanya diberikan kepada pasien yang mengalami nyeri parah melalui suntikan, patch atau permen.

Sebagian besar fentanil yang dibeli orang di jalan tidak dialihkan dari apotek atau rumah sakit tapi secara ilegal dilakukan di laboratorium klandestin, sebagian besar merupakan variasi kimia dari fentanil legal.

Misalnya, perbedaan kimia antara fentanil dan carfentanil hanyalah beberapa molekul. Tapi perbedaan potensinya signifikan: Fentanyl memiliki kekuatan hingga 100 kali lebih kuat daripada morfin, tapi carfentanil sampai 10.000 kali lebih kuat daripada morfin. Carfentanil digunakan sebagai obat penenang untuk hewan besar seperti gajah dan telah disalahkan dalam wabah overdosis obat yang fatal di Ohio dan West Virginia.


Pembuat obat terlarang mengubah komposisi sehingga jika tertangkap dengan obat tersebut, secara teknis mereka memiliki senyawa kimia yang berbeda dari fentanil atau senyawa lain yang sudah diatur. Idenya adalah untuk berkeliling hukum. Jadi Drug Enforcement Administration terus menambahkan variasi baru ke daftar zat terkontrolnya. Ini adalah permainan kucing dan tikus.

Dosis mati

Mengapa menambahkan variasi fentanil ini ke dalam campuran? Karena mereka sangat manjur sehingga hanya sedikit yang bisa dipotong dan dicampur ke obat lain seperti heroin atau pil, peregangan pasokan.

Pertimbangkan bahwa Anda dapat membeli sekitar satu kilogram fentanyl pasar gelap atau derivatif online seharga sekitar $ 8.000. Itu bisa digunakan untuk memotong 1 juta pil, dan di jalanan, pil tersebut bisa menghasilkan total $ 20 juta sampai $ 30 juta.


Tapi potensi itu juga bisa sangat mematikan. Jumlah yang bahkan tidak bisa Anda lihat bisa membunuh Anda. Juga tidak ada kontrol kualitas nyata atas obat terlarang. Satu batch mungkin memiliki fentanyl yang merata di seluruh tubuh, sementara yang lain mungkin memiliki beberapa pil dengan konsentrasi fentanil jauh lebih tinggi daripada yang lain.

Buatan China

Menurut penegakan hukum AS, kebanyakan fentanyl terlarang berasal dari China, di mana peraturan yang lemah dan pemantauan yang buruk telah menciptakan lingkungan yang matang untuk laboratorium bawah tanah untuk berkembang. Fentanyl ilegal dan bahan kimia untuk membuatnya bisa dengan mudah dibeli di internet. Sebagian besar dikirim ke Meksiko, di mana mereka diproses lebih lanjut sebelum diselundupkan ke perbatasan. Terkadang, obat ini dikirim langsung ke AS.


Ini adalah tantangan utama bagi agen Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS. Sebenarnya, menurut agensi, pihaknya harus mengubah protokol pengujian obatnya untuk mencegah overdosis yang tidak disengaja dari inhalasi atau penyerapan melalui kulit. Dari 328 titik masuk udara, darat dan laut ke AS yang diawasi oleh badan tersebut, setidaknya 15 lokasi, termasuk beberapa di sepanjang perbatasan AS-Meksiko, sekarang memiliki nalokson, penangkal over dosis opioid, jika terjadi overdosis yang tidak disengaja. Namun, tidak semua kantor dilengkapi dengan peralatan pengujian lapangan yang dibutuhkan untuk mengetahui apakah agen tersebut benar-benar menangani fentanyl.

Pengiriman khusus

Tapi ada rute lain yang penyelundup obat juga terbukti efektif: Layanan Pos AS. Beberapa pengedar narkoba bahkan membeli dari China langsung ke Amerika Serikat. Mengingat bahwa Layanan Pos menangani sekitar 154 miliar lembar surat setiap tahun, ini adalah jarum pepatah di tumpukan jerami. Bekerja dengan Customs and Border Protection, Layanan Pos menggunakan berbagai alat, seperti anjing, sinar-X dan kemampuan intrinsik mereka untuk menemukan sesuatu yang sepertinya tidak biasa.


Petugas penegak hukum mengatakan bahwa saat ini, pemerintah tidak dapat secara efektif mengidentifikasi paket mana yang harus diperiksa karena begitu sedikit informasi pelacakan yang menyertai surat internasional yang ditujukan untuk Amerika Serikat.

Paket yang dikirim melalui kurir swasta seperti UPS dan FedEx hadir dengan informasi seperti yang mengirimnya, transit menghentikan paket yang dibuat dan siapa yang terikat, namun hanya sekitar setengah dari semua paket yang masuk ke AS membawa informasi tersebut. Bills yang saat ini di Kongres bertujuan untuk meningkatkan pengawasan terhadap kemasan internasional untuk membantu melacak asal-usul mereka.(cnn)

No comments