Header Ads

Keindahan Wisata Kawah Putih (Patuha), Ciwidey, Bandung

Banyak orang yang tertarik untuk kembali mengunjungi tempat wisata Kawah Putih ini, kawah dari Gunung Patuha, Ciwidey karena sangat cantik. Sudut-sudut gambar sangat banyak menjadi inspirasi menjadi bidikan kamera di Kawah putih yang berwibawa dan angker ini.

Dahulu seorang pengembara Belanda yang memiliki nama Junghun datang pada abad ke 19, banyak penduduk sekitar yang menyebut bahwa wilayah ini tempat para arwah para leluhur yang bersemayam, dimana tak seorangpun berani kesana karena takut nyawanya teregang, yang burung saja tak mau terbang kesana. Pendapat ini tidak semuanya salah.

Memang betul bahwa Kawah Putih Gungung Patuha itu berwibawa, karena memiliki kesunyian dan ketinggianya. Juga betul bahwa Kawah Putih angker, yang banyak terdapat fumarol belerang pekat dimana harus sangat diperhitungkan bila angin berhenti berhembus.

Selain itu, Kawah Putih ialah tempat yang disebut sebagai titisan surga pernah diturunkan ke bumi, begitu anggun tenang dan menhanyutkan.

Temperatur kawasan Kawah Putih bisa turun sampai 10 derajat celcius bahkan sampai 5 derajat celcius bila malam hari pada bulan Juli - Agustus.  Semilir angin membawa pergi kabut pekat uap belerang menjauh. Teriaklah sekencang-kencangnya; konon akan diteruskan echo-nya oleh dinding-dinding padas ke surga. Berkeliling kawah pada saat musim kemarau cukup mudah dilakukan; mencari-cari sudut-sudut pandang terlupakan yang barangkali tercecer dari surga. 

Mungkin saja pengunjung bisa gak betah berlama-lama bila diterpa angin dingin gunung yang menyelinap masuk ke tulang sumsum. Biar gak kedinginan bisa minum bandrek di warung-warung setempat parkir biar hangat di tenggorokan.

Suasana di kawasan obyek wisata ini terasa begitu hening menjadikan keadaan jadi rileks. Resonansi batin anda dengan alam sekitar mampu mengisi batere kehidupan terisi kembali. 

Obyek wisata Kawah Putih Patuha ini bukanlah satu-satunya tempat wisata yang layak diburu di Ciwidey, Karena masih ada tempat lain sekitarnya yang  menawarkan berjuta pesona untuk yang mau bersusah payah mencari surga yang tercecar.

Teringat bait lagu Katon Bagaskara, yg berkisah tentang suatu negeri di awan, yang barangkali dimaksudkannya adalah – Kawah Putih, Ciwidey, 2300 meter dari permukaan laut. 

Lihat Foto-fotonya dibawah ini :







No comments