Header Ads

Sederet Manfaat Paralayang untuk Kamu yang Gemar Olahraga Ekstrem

Mencoba paralayang (Foto: Instagram @paraglidingoutlet)

Paralayang merupakan salah satu wisata olahraga yang sangat memperhatikan keselamatan. Bagaimana tidak, saat di udara kita hanya mengandalkan angin sebagai petunjuk arah dan keseimbangan badan. Untuk itu, sudah pasti keselamatan menjadi hal yang wajib diperhatikan.
Untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan, kamu yang ingin mengikuti olahraga ini wajib mematuhi beberapa peraturan. Di antaranya, sehat jasmani dan rohani, tida mengidap penyakit jantung dan epilepsi, serta batas usia minimal adalah 18 tahun. 
Tetap, terlepas dari itu semua, olahraga ekstrem yang memacu adrenalin ini juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, lho.
Dilansir Health Fitness Revolution, olahraga ini sejatinya dilakukan di alam terbuka yang mengharuskan kamu berada di luar rumah. Otomatis, kamu bisa menikmati udara segar dan terpapar sinar matahari. Vitamin D dari matahari sangat baik untuk tulang dan gigi yang kuat.
Selain itu, kamu juga bisa sekaligus membakar kalori yang ada di tubuhmu. Saat kamu terbang, kalori kamu akan terbakar hingga 230 kalori per jam.
Otot tubuh kamu juga akan bergerak, mulai dari otot paha hingga otot postural, semua akan bergerak dan membuatmu semakin kuat. Manfaatnya, kamu bisa mengurangi cedera saat berkegiataan sehari-hari.
Tak hanya itu saja, ketika kamu mengendalikan parasut dengan kekuatan tubuh bagian atas, otomatis kekuatan tubuhmu akan lebih terasa. Efeknya, mobilitas, fleksibilitas, dan jangkauan gerakmu lebih luas dan leluasa.
Ketika kamu berada di udara tentunya kamu dapat menikmati pemandangan dari atas seperti laut, hutan, danau, tebing dan sebagainya. Hal ini juga dapat mengurangi stres dan menghilangkan penat.
Untuk kamu yang takut dengan ketinggian, kamu bisa mencoba olahraga ini untuk mengatasi ketakutanmu. Ketika kamu berhasil, tentunya tingkat kepercayaan diri kamu akan meningkat, karena kamu telah berhasil mengalahkan rasa takut itu.