Header Ads

Hati-hati ! Sejumlah Jalan di Kaligesing Diterjang Longsor


Kaligesing,(purworejo.sorot.co)--Tanah longsor juga terjadi di bagian utara wilayah Kaligesing yang memutus akses jalan desa dan menyebabkan beberapa desa terisolir, Selasa (28/11/2017) malam.
Berdasarkan pantauan sorot.co, setidaknya ada 4 titik tanah longsor dan 1 jalan desa amblas. di Desa Ngaran, terdapat 3 titik longsor yang menutup akses jalan dan tidak bisa dilalui kendaraan, yakni di Padukuhan Krajan, Tumpangrejo, dan Tugono Sikempot. Akibatnya, 4 desa meliputi Ngaran, Gunungwangi, Sudorogo dan Hardimulyo terisolir karena untuk menuju kota maupun kota kecamatan karena harus memutar dengan jarak yang lebih jauh.
Untuk, jalur alternatif Purworejo- Yogyakarta tepatnya di Padukuhan Jetis, Desa Kaligono, Kaligesing juga tertutup longsoran dan tidak bisa dilalui kendaraan roda 4.
Kemudian di Padukuhan Ngepon, Desa Ngaran tepatnya jalur poros Desa Sudorogo dan Hardimulyo serta jalur alternatif ke Kecamatan Loano, tanah bergerak atau amblas dengan kedalaman sekitar setengah meter juga menyebabkan kendaraan roda 4 tidak bisa dilalui jalan tersebut.
Salah satu warga Kaligesing, Yudik menceritakan, tanah longsor yang menutup jalan terjadi sejak sore hingga malam hari. Akibatnya, mobilitas kendaraan roda dua maupun empat terganggu.
Ini yang parah Desa Kaligono-Desa Ngaran lalu lintas terhambat dan belum bisa dilalui kendaraan. Jadi warga di beberapa desa harus memutar lebih jauh. Listrik juga padam di sebagian besar wilayah Kaligesing karena juga terdapat pohon tumbang di beberapa titik. Harapannya segera dibersihkan jalannya, agar mobilitas warga lebih mudah dan bisa beraktivitas lagi, jelasnya.
Sementara itu, Camat Kaligesing, Bagas Adi Karyanto mengatakan, jika terdapat akses untuk alat berat, maka pihaknya langsung akan mengerahkan alat berat untuk membantu evakuasi ke Padukuhan Tumpangrejo dan Tugono, Kaligono. 
"Biar alat beratnya bisa sampai ke lokasi," pungkasnya.
SorotPurworejo

No comments