Header Ads

Putin memperingatkan agar Korea Utara 'mengintimidasi' setelah peluncuran rudal terbaru

Presiden Rusia Vladimir Putin mengecam peluncuran rudal terbaru Korea Utara sebagai "berbahaya" namun memperingatkan untuk tidak mengintimidasi Pyongyang.

Berbicara di China, Putin meminta solusi damai untuk ketegangan yang sedang berlangsung di semenanjung Korea, kantor berita Sputnik Rusia melaporkan.

"Saya ingin memastikan bahwa kami secara kategoris menentang perluasan klub negara nuklir, termasuk melalui Semenanjung Korea," kata Putin kepada wartawan. "Kami menentangnya dan menganggapnya kontraproduktif, merusak, berbahaya," katanya.

Namun dalam komentar yang muncul ditujukan ke AS, dia mengatakan bahwa "mengintimidasi (Korea Utara) tidak dapat diterima."

Untuk bagiannya, Korea Utara mengatakan bahwa tes rudal tersebut sebagai tanggapan atas bahaya nuklir dan ancaman yang ditimbulkan oleh AS dan para pengikutnya.

"Kami akan melakukan tes ICBM kapan saja dan dimana saja sesuai dengan keputusan yang dibuat oleh pimpinan pusat kami," Duta Besar Korea Utara untuk China Ji Jae Ryong mengatakan pada sebuah konferensi pers dadakan di kedutaan besar negara itu di Beijing pada hari Senin.





















Wilayah AS di jangkauan?
Korea Utara menguji sebuah rudal Hwasong-12 yang mencapai ketinggian 2.111,5 kilometer dan terbang 787 kilometer (489 mil), menurut kantor berita KCNA.

Analis memperkirakan jumlahnya berkisar 4.500 kilometer yang akan menempatkan wilayah Guam di AS dalam jangkauannya.

Sebuah pulau kecil di Pasifik, Guam adalah rumah bagi Pangkalan Angkatan Udara Andersen, dimana Angkatan Udara AS memutar pembom berat termasuk B-1, B-2 dan B-52.












KCNA mengatakan bahwa tes tersebut menunjukkan bahwa Korea Utara "memiliki semua sarana yang kuat untuk melakukan serangan balasan" jika Washington mengambil tindakan militer untuk menghentikan program senjata nuklirnya.

Putin membuat komentar di sela-sela KTT One Belt One Road di Beijing, sebuah pertemuan yang terdiri 29 kepala negara yang dibentuk oleh Presiden China Xi Jinping untuk mendorong visinya untuk ekspansi global China.

Presiden Rusia meminta semua pihak untuk "menemukan solusi damai".

Pembagian sebagian Putin terhadap Korea Utara terjadi setelah sekretaris pers Gedung Putih Sean Spicer menyarankan agar uji coba rudal tersebut dapat memancing respons yang lebih kuat dari Kremlin.

Dalam sebuah pernyataan Gedung Putih yang dikeluarkan pada hari Minggu, Spicer mengatakan: "Dengan rudal yang berdampak sangat dekat dengan tanah Rusia - sebenarnya, lebih dekat ke Rusia daripada ke Jepang - Presiden tidak dapat membayangkan bahwa Rusia senang."

AS dan Rusia juga menawarkan perkiraan yang berbeda untuk di mana rudal tersebut memercik. AS mengatakan bahwa pesawat tersebut menghentikan penerbangan hanya 96 kilometer dari kota pelabuhan Rusia Vladivostock, sedangkan Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa pesawat tersebut mendarat sejauh 500 kilometer dari garis pantai Pasifik.

Hubungan Rusia dengan Korea Utara
Sementara Rusia dan Korea Utara tidak memiliki ikatan perdagangan yang kuat, mereka membangun hubungan ekonomi mereka. Layanan feri baru berjalan di antara negara-negara dan Rusia telah memberi izin kepada sekitar 50.000 orang Korea Utara untuk melakukan pekerjaan manual mengenai proyek-proyek di Rusia.

Rusia adalah satu dari sedikit negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Korea Utara. Ayah Kim Jong Un, Kim Jong Il, pergi ke Moskow dalam sebuah kunjungan kenegaraan selama masa pemerintahannya pada tahun 2011, dan Putin mengunjungi Pyongyang pada tahun 2000.

"Sementara Rusia prihatin dengan Korea Utara dan misilnya, Korea Utara juga menganggap Korea Utara sebagai kesempatan untuk memanfaatkan negara tersebut dengan Barat, AS khususnya," kata Matthew Chance, koresponden CNN di Moskow.

"Rusia tidak ingin Korea Utara memiliki senjata nuklir, namun tanggapan dari pejabat di Moskow sangat minim karena mereka tahu Rusia bukanlah satu dari target Pyongyang," tambahnya.

Dewan Keamanan PBB bertemu
Bulan lalu, Rusia dan China mendukung sebuah resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengecam peluncuran rudal sebelumnya, menuntut agar "segera" menghentikan tindakan lebih lanjut yang melanggar resolusi.

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) akan bertemu pada hari Selasa untuk membahas langkah pemberontak terbaru Pyongyang.

Sejak Presiden AS Donald Trump mengambil alih kekuasaan pada bulan Januari, retorika telah menggenjot kedua belah pihak. Pejabat senior AS menjelaskan sejak awal bahwa kebijakan Obama tentang "kesabaran strategis" di Korea Utara telah gagal.

Administrasi Trump menyatakan sejak awal bahwa penantian telah berakhir, dan dilanjutkan dengan menggelar sebuah kelompok pemogokan AS, yang dipimpin oleh kapal induk USS Carl Vinson, ke perairan di Semenanjung Korea. Korea Utara menanggapi dengan ancaman dan tuduhan.

"AS telah mengakui bahwa konfrontasi militer langsung tidak berjalan dengan baik pada masa lalu, tidak memiliki efek yang mereka inginkan sehingga akan membiarkan (perkembangan lebih lanjut) dimainkan di DK PBB," kata Baker. (sumber: cnn.com)

No comments