Header Ads

Wisata Indonesia Paling Banyak di Kunjungi ditahun 2014 ini.

Banyak yang orang-orang katakan. Tak akan ada habisnya menjelajahi Indonesia, itupun memerlukan waktu seumur hidup. Karena selalu ada saja kejutan baru walau sudah lebih dari satu kali mengunjungi tempat yang sama.

Ditahun 2013, Kompas Tavel sempat menjelajahi beberapa destinasi yan ada. Banyak destinasi yang telah siap menyambut kehadiran para wisatawan. Medan sudah beraspal, transportasi darat sampai udara telah disediakn. walau kadang masih ada yang standar.

Nah, dibawah ini beberapa destinasi yang pernah Kompas Travel datangi. 5 dari 15 destinasi yang dipilih yang menarik untuk Anda kunjungi. Adapun kelima destinasi tersebut yaitu;Jakarta, Pulau Samosir, Pangandaran, Lombok, dan Ende.

Sawahlunto

Sawahlunto merupakan kota tambang namun kini jadi kota wisata. Kota ini dikelilingin bukit barisan di Sumatra Barat dengan bekas penambangan kolonial dijadikan sebagai objek wisata. Sawahlunto sekitar 2.5 jam ditempuh dari jalur darat.

Kota ini salah satunya dipopulerkan oleh Gelaran akbar Sumatera Barat, Tour de Singkarak (TdS). Tds meruoakan sebuah acara balp sepeda yang digabung dengan pariwisata. Dalam etapenya melalui kontur keindahan alam Sumatera Barat, termasuk Sawahlunto.

Sawahlunto sering dijadikan untuk posisi start atau finish per etape. pada  tahun 2014 digelar pada bulan Juni lalu.

Wisata yang ditawarkan Sawahlunto yaitu obyek wisata sejarah dan alam. Objek wisata sejarah merupakan Museum Kereta Sawahlunto, Goedang Ransoem yang sebenarnya dapur umum pada masa kolonial dulu, serta Lubang Mbah Soero yang sebelumnya adalah bekas penambangan batu bara. Sedangkan wisata rekreasi ada waterboom, dan resort kandi.

Sawahlunto cocok disebut sebagai kota tua, karena bangunan peninggalan Belanda masih banyak menjadi dominasi arsitektur beberapa banguna yang masih berdiri. Salah satunya Silo yakni tabung raksasa tempat penyimpanan batu bara yang menjadi pengukuh kegiatan penambangan kala itu.

Keraton Kasepuhan, Cirebon, Jawa Barat
Cirebon

Pada masa lalu, Cirebon hanya menjadi kota perlintasan wisatawan yang menuju ke Jawa Tengah atau Jawa Timur. Namun sekarang Cirebon telah banyak menawarkan atraksi wisata yang menarik kunjungan.

Mungkin wisata yang tepat di kota ini adalah Palace Hoping, yakni berwisata dari keraton ke keraton. Ada empat  keraton berdiam di kota berjulukan Kota Udang ini. Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan, dan Keraton Kaprabonan. Selain keraton, objek wisata lain adalah Gua Sunyaragi, kampung batik dan Plangon.

Berada di tengah pulau Jawa, maka untuk mencapai Cirebon hanya dapat ditempuh melalui jalan darat, bus atau kereta.

Cirebon sarat wisata religi, budaya dan sejarah, maka salah satu waktu terbaik untuk datang adalah bertepatan dengan bulan Puasa. Anda bisa tarawih di masjid yang ada di pusat kota, Masjid At Taqwa.

Setelah wisata, jangan lupa untuk mencicipi makanan kenamaan empal gentong dan nasi jamblang, serta membawa oleh-oleh kain batik.
Pantai Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Bulukumba

Kota di pesisir Sulawesi Selatan ini adalah tempat lahir kapal Phinisi, kapal yang menjadi kebanggaan nusantara. Tepatnya di Tanah Beru, di sini berjajar kapal Phinisi yang sedang dalam pengerjaan oleh tangan-tangan masyarakat asli Bugis.

Sebagai kota pesisir, sudah pasti Bulukumba menyimpan pantai yang cantik. Pantai Tanjung Bira memiliki pasir sehalus tepung dan air laut sangat jernih berwarna biru.

Di sini, wisatawan dapat melakukan wisata air seperti banana boat, kano atau sekadar berenang. Sedangkan tak jauh dari bibir pantai ada Pulau Likang Loe. Pulau ini menjadi tempat favorit untuk snorkeling atau diving.

Wisata alam juga ada Desa dat Tana Towa. Masyarakat desa ini masih sangat menjaga alamnya. Tercermin dari rumah penduduk dan perilaku masyarakat menjaga hutan. Sebelum berkunjung ada baiknya untuk meminta izin kepada Kepala Desa serta menggunakan pakaian gelap.
Orangutan di Camp Leakey Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah.
Tanjung Puting

Bermain dengan orang utan adalah salah satu keseruan wisata di Tanjung Puting. Taman Nasional Tanjung Puting berada di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Untuk mencapainya, wisatawan perlu menggunakan speedboat dari Pelabuhan Kumai. Speedboat akan membelah Sungai Sekoyer yang menjadi pintu masuk taman nasional.

Berada di pedalaman Kalimantan, maka tak heran wisatawan yang datang ke sini adalah wisatawan mancanegara. Merek asyik menonton polah orang utan di habitat aslinya. Selain itu, wisatawan pun  diberi kesempatan untuk memberi makan orang utan.
Pulau Wangi-Wangi, Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara.
Wakatobi

Menyelam dan menyelam itulah hal yang selalu terbayang saat kita berada di Wakatobi. Wisata ini merupakan salah satu taman bawah laut  yang terindah di Indonesia. Banyka wisata selam disekelilingnya.

Wakatobi menawarkan kekayaan laut berupa terumbu karang sampai biota laut lankapun ada. Berkunjunglah pada bulan November, saat air laut terasa lebih hangat dengan pakan laut yang sangat berlimpah. pakanan ini yang bisa menguncang kawanan paus sperma, hewan langka yang muncul diperairan Wakatobi.

Nama Wakatobi diambil dari sebuah singkatan kepulauan yang ada di sekelilingnya, yakni wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, Biongko. Wakatobi beribukota di Wangi-wangi, yang menjadi ibu kota serta gerbang masuknya wisatawan, Wangi-wangi terus bersolek.

Beberapa waktu yang lalu, dibangun Bandar Mahatora di Wangi-wangi. Juga dilakukan pembenahan jalan dan pelabuhan Kaledupa. Pelabuhan ini tempat bersandarnya kapal yang mengantar masyarakat ke pulau-pulau disekitar  taman nasional.
Wisata Indonesia Paling Banyak di Kunjungi ditahun 2014 ini.
sumber : kompas

No comments