Header Ads

Tips Agar Tidak Mudah Sakit Ketika Musim Penghujan.

Foto : Jl. Moh Toha Bandung saat hujan deras.

Tidak terasa akhir-akhir ini sudah mulai turun hujan, dan tentu akan memasuki musim penghujan. Hujan adalah anugrah yang diturunkan oleh sang pencipa, tentu mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kita semua yang tinggal dibumi. Selain manfaat untuk kita hujan yang terlalu deras dan yang berkepanjangan ternyata banyak menimbulkan kerugian bagi kita semua. Dari bencana banjir sampai timbul penyakit yang disebabkan karena banjir.

Nah!! dari itu untuk mencegah agar kita tidah mudah sakit ketika hujan disini Selahukh mau berbagi Tips agar tidah mudah sakit ketika musim penghujan. Simak uraiannya sebagai berikut :

1. Siapkan Peralatan Hujan
Seperti peribahasa "Sedia payung sebelum hujan", ini penting sekali kita lakukan agar kita tidak terjebak dalam hujan sehingga kita mudah sakit. Peralatan yang perlu disediakan seperti payung, usahakan gunakan payung yang dapat dilipat ketika anda bepergian agar terlihat ringkas. Kemudian bagi anda yang suka berkendara sepeda motor untuk selalu membawa mantel/jas hujan.

2. Mencari Tempat Berteduh
Datangnya hujan yang tidak bisa ditebak membuat kita harus siap-siaga. Nah !! untuk mencegah agar kita tidak mudah sakit maka ketika kita terjebak hujan segeralah untuk mencari tempat untuk berteduh. Mencari tempat berteduh ini penting dan carilah tempat berteduh seperti, depat toko agar badan anda aman dari hujan.

3.Bersegerah Mandi dan Keramas Jika Terlanjur Terkena Hujan
Jika anda terlanjur terkena hujan maka bersegeralah untuk mandi setibanya dirumah. Hal ini karena air hujan yang ada pada tubuh anda rentan akan polusi dan kotoran. Untuk itu mandilah agar badan kembali bersih.

4. Menyediakan Minuman Hangat
Ketika musim hujan maka keadaan suhu sekitar akan terasa dingin, apalagi anda yang baru saja terkena hujan. Untuk itu dengan mengkonsumsi minuman yang hangat seperti teh, lemon, atau jahe hangat akan berguna sekali untuk kesehatan tubuh anda.

5. Sebisa Mungkin Menghindari Begadang
Pada saat musim penghujan kondisi lingkungan yang terkadang berubah-ubah. Dari panas yang tak tertahankan sampai dingin di malam hari membuat tubuh kita tidak nyaman. Sehingga ketika musim hujan hindari begadang pada malam hari agar kondisi tubuh tidak mudah terserang penyakit.

6.Minum Susu pada Pagi dan Malam Hari
Ketika musim hujan anda bisa membiasakan untuk selalu minum susu, dua kali sehari yaitu pada pagi hari dan malam hari. Kandungan susu yang kaya akan nutrisi terutama protein akan membantu menjaga kesehatan dimusim hujan, selain itu nutrisi susu juga dpat menambah kekebalan tubuh sehingga bisa mengurangi resiko flu dan demam yang sering kali timbul disaat musim hujan.

7. Menjaga Kebersihan Rumah
Ketika musim hujan, akan banyak genang air dan saluran air. Ini akan membuat sarang penyakit atau sumber penyakit, maka kebersihan rumah perlu dijaga agar anggota keluarga terhindar dari penyakit yang bisa menyerang kapan saja pada musim hujan.


Itulah Tips Agar Tidak Mudah Sakit Ketika Musim Penghujan, semoga anda dan keluarga anda selalu terjaga kesehatanya pada musim hujan. Semoga bermanfaat.

No comments