Header Ads

Adu Canggih Robot Rakitan di BigBang Jakarta 2017


Selain dipenuhi dengan sederetan jenis hiburan dan beragam kuliner yang siap memanjakan lidah pengunjung, gelaran acara BigBang Jakarta 2017 yang digelar di JIExpo Kemayoran juga menyuguhkan stand-stand seru lainnya.
Salah satunya adalah ajang kompetisi rancang robotik dengan menggunakan alat pembelajaran bernama TAMI, yang harus dirancang menjadi robot transportasi di ajang kompetisi tersebut.
Baca juga : Semenjak Jadi Nyonya Hamish, Pakaian Raisa Dinilai Makin Terbuka
"Kita menggunakan produk TAMI yang merupakan sebuah alat pembelajaran robotik, mirip seperti Lego. Tapi kalau Lego kan ada dua jenis, yaitu Lego untuk pendidikan dan Lego untuk mainan," ujar Hajar Adi Mulyana yang merupakan staf pengajar Robotic Explorer, saat ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu 30 Desember 2017.
"Tapi kalau TAMI ini sendiri, konsepnya memang dibuat khusus untuk pendidikan, dan asalnya dari Korea," ujarnya menambahkan.
Hajar menjelaskan, kategori kompetisi yang dipertandingkan hari ini adalah jenis Robot Transporter, yang akan dinilai secara utilitasnya dengan menggunakan program komputer.
"Jadi peserta diminta membuat jenis robot konstruksi beroda, yang akan kita tandingkan dengan cara bagaimana agar robot rancangan itu bisa memindahkan objek dari titik start dengan menggunakan remote," kata Hajar.
Dia menjelaskan, untuk program mesin robot itu sendiri, para peserta pun dimodali dengan mesin robotik produk TAMI, lengkap dengan software dan program lainnya.
"Kita menggunakan mesin TAMI creative, yang akan diprogram sendiri melalui komputer. Jadi setelah mereka buat programnya, baru mereka download ke robotnya," kata Hajar.
"Untuk hadiahnya sendiri kita akan ada uang tunai, piala, sertifikat dan goody bag yang akan didapatkan oleh masing-masing pemenang satu, dua, dan tiga," ujarnya. (one) Viva

No comments