Header Ads

Kominfo Selenggarakan Festival Desa TIK 2017 di Pulosari

Septriana Tangkary Direktur Pemberdayaan Industri Informatika Kominfo. [Suara.com/Aditya Gema Pratomo]

Untuk menggerakkan partisipasi komunitas desa dengan memberdayakan potensi desa melalui pemanfaatan TIK secara cerdas, kreatif dan produktif.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menggelar Festival Desa TIK (Destika) pada 21 hingga 23 November. Untuk gelaran tahun ini, Kominfo menggelarnya di Desa Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. 

Festival Destika merupakan gelaran tahunan Kominfo yang menghadirkan desa-desa yang memanfaatkan teknologi informatika dan komunikasi (TIK) untuk memberdayakan masyarakat.

Mengusung tema "Di Hamparan Bumi Pemalang Pusere Jawa, Desa Bersuara untuk Indonesia", acara ini diharapkan dapat menjadi pendorong bagi pertumbuhan ekonomi, pariwisata, dan dunia usaha di pedesaaan. 

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan sinergitas program kerja antara pemerintah pusat, daerah, desa, dan relawan pemberdayaan TIK," ujar Septriana Tangkary Direktur Pemberdayaan Industri Informatika Kominfo di Jakarta, Senin (20/11/2017).

Secara umum, tujuan Festival Destika antara lain untuk memberikan informasi dan pengetahuan mengenai regulasi terbaru dan pengembangan TIK di pemerintah desa. 

“Festival tersebut dimaksudkan untuk menggerakkan partisipasi komunitas desa dengan memberdayakan potensi desa melalui pemanfaatan TIK secara cerdas, kreatif dan produktif,” lanjutnya. 

Beragam kegiatan sudah disiapkan Kominfo untuk menyemarakkan acara yang sudah digelar kelima kalinya ini. Dari mulai, pertunjukkan budaya, seminar, workshop, hingga wisata, akan diadakan untuk menyambut peserta.[Suara]

No comments