Header Ads

Setelah Kampung Warna-warni dan Tridi, Kini Ada Kampung Biru Arema


Suasana Kampung Biru Arema di Kelurahan Kidul Dalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang saat diambil pada Jumat (27/10/2017). Kampung itu masih dalam proses pengecatan.(KOMPAS.com / Andi Hartik)
MALANG, KOMPAS.com - Setelah sukses mengantarkan Kampung Warna-warni dan Kampung Tridi menjadi destinasi wisata tematik, Pemerintah Kota Malang kini membangun kampung tematik baru, yakni Kampung Biru Arema.

Lokasinya persis bersebelahan dengan Kampung Warna-warni dan Tridi. Keberadaan kampung itu hanya dipisahkan oleh Jembatan Brantas di Jalan Gatot Subroto. Sementara itu, lokasinya sama-sama berada di bantaran aliran Sungai Brantas.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang, Erik Setyo Santoso mengatakan, ada sekitar 500 rumah warga yang rencananya akan dicat biru. Rumah-rumah itu berada di RW 4 dan RW 5 Kelurahan Kidul Dalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

"Jumlah rumah kurang lebih 500 rumah," katanya melalui pesan tertulis kepada Kompas.com, Minggu (29/10/2017).

Sementara itu, sampai saat ini, masih ada sekitar 136 rumah yang sudah selesai dicat. Pengecatan ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

Saiful Bahri, salah satu warga, mengatakan, dirinya mendukung upaya Pemerintah Kota Malang menjadikan kampungnya sebagai Kampung Biru Arema. Sebab, dengan adanya pengecatan itu, kesan kumuh yang selama ini disandangkan kepada kampungnya akan hilang.

"Mungkin ini untuk menghilangkan image kumuh. Karena kita berada di daerah DAS Brantas," katanya.

Pihaknya juga mendukung jika nantinya banyak wisatawan yang berkunjung ke kampunya. Menurutnya, kunjungan wisatawan itu akan meningkatkan perekonomian warga.